My Cart 0
Daftar Belanja Anda Kosong
Sub total: 0
total: 0

Tips Merawat Jok Mobil Berbahan Kain (Fabric) Atau Beludru

Ketika kamu memiliki mobil, cukup banyak hal yang harus diperhatikan agar mobil kamu tetap tampil prima. Dari urusan mesin hingga estetika, semuanya harus dirawat supaya tidak ada masalah pada kemudian hari. Salah satu bagian dari mobil yang harus kamu perhatikan adalah jok mobil. Jok yang menjadi tempat kamu duduk di dalam mobil pastinya perlu diperhatikan karena jika tidak, maka kamu akan merasa tidak nyaman saat berkendara.

Namun sebelum kamu merawat jok mobil, kamu harus melihat terlebih dahulu bahan jok mobil yang digunakan. Salah satu bahan jok yang paling sering dipakai di mobil kebanyakan adalah bahan kain atau beludru. Tentunya ada cara merawat jok yang berbeda jika kamu menggunakan jok berbahan kain atau beludru. Apa saja tips merawat jok mobil berbahan kain atau beludru yang bisa kamu lakukan? Ikuti cara-cara di bawah ini supaya kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Sedot debu jok kamu

Dalam merawat jok mobil berbahan kain atau beludru kamu wajib menyedot debu-debu yang menempel. Ya, sebelum kamu mulai membersihkan jok mobil secara serius, langkah pertama adalah sedot debu terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa membersihkan kotoran di luar jok sehingga tidak mengganggu proses pembersihan selanjutnya. Kamu bisa menggunakan vacuum cleaner agar jok menjadi lebih bersih dalam waktu cepat.

Gunakan cairan pembersih

Setelah kamu selesai sedot debu, langkah yang kedua adalah menggunakan cairan pembersih. Saat ini banyak sekali cairan pembersih jok berbagai mereka yang dijual di pasaran. Tapi hati-hati, setiap cairan pembersih memiliki kegunaannya masing-masing tergantung dari bahan jok. Jadi sebelum membeli, kamu bisa mengecek bahan jok yang bisa digunakan oleh cairan pembersih itu dari judul di botolnya.

Jika kamu sudah membeli cairan pembersih yang tepat, semprotkan cairan tersebut ke jok dan diamkan selama 1 hingga 2 menit.  Setelah itu, kamu bisa mengelap jok menggunakan kain bersih dengan permukaan lembut dan lakukan secara beberapa kali.

Pakai sikat yang halus

Hal ketiga yang bisa kamu lakukan dalam merawat jok mobil bahan kain atau beludru adalah memakai sikat yang halus. Terkadang walau sudah menggunakan kain bersih, kotoran di jok kamu masih tersisa. Di sinilah kegunaan dari sikat yang halus. Dengan menggunakan sikat, kamu bisa menggosok jok kamu secara lebih keras agar kotoran bisa terangkat dari jok. Kalau perlu tambahkan cairan pembersih agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi.

Keringkan jok kamu

Jika kamu sudah merasa yakin jok sudah bersih, maka langkah terakhir adalah mengeringkan jok. Untuk mengeringkan jok sendiri, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu bisa mencopot jok mobil kamu dan menaruhnya langsung di bawah sinar matahari agar bisa cepat kering dan bisa segera kamu gunakan.

Selanjutnya, kamu bisa membiarkan seluruh pintu mobil terbuka dan tinggal menunggu cahaya matahari masuk dari pintu yang terbuka untuk membuat jok mobil menjadi kering dengan sendirinya. Sebaiknya jangan menggunakan mobil terlebih dulu sebelum jok betul-betul kering secara sempurna.

 

Itulah tips merawat jok mobil berbahan kain atau beludru yang bisa kamu terapkan untuk jok yang kamu gunakan. Jangan lupa untuk mengikuti cara di atas secara bertahap agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Perawatan jok yang baik akan membuat mobil kamu terasa semakin nyaman untuk dikendarai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Comments

Kategori Artikel

We Have Recommendations for You

Take 30% off when you spend $150 or more with code Autima11