My Cart 0
Daftar Belanja Anda Kosong
Sub total: 0
total: 0

Pilih Mobil Matic atau Mobil Manual? Simak Ini Dulu!

Bagi seseorang yang baru pertama kali membeli mobil, biasanya ia akan dihadapkan pada dua pilihan, yakni memilih mobil matic atau manual. Meski pemilihan ini biasanya dilakukan berdasarkan pada selera, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Baik mobil matic atau manual keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ulasannya yang bisa kamu simak sebelum membeli mobil baru.

Perbandingan dari segi harga dan biaya perawatan

Hal pertama yang perlu kamu simak sebelum memilih mobil matic atau manual, bandingkan dulu dari segi harga dan biaya perawatannya. Mobil matic memiliki harga yang umumnya relatif lebih mahal bila dibandingkan mobil manual. Selisih harganya pun cukup tinggi, yakni mulai Rp5 juta hingga Rp20 juta. Begitu juga dengan harga mobil bekasnya yang memiliki selisih Rp2 juta hingga Rp3 juta.

Tidak hanya itu, mobil matic juga memiliki biaya perawatan yang cukup mahal bila dibandingkan mobil manual. Salah satu faktornya adalah harga suku cadang mobil matic yang memang lebih mahal. Contohnya untuk penggantian CVT belt yang idealnya perlu diganti tiap 50.000 km. Dari segi daya tahan plat kopling, mobil matic cenderung lebih awet, namun ini kembali lagi ke pemakaiannya.

Akselerasi matic dan manual

Banyak orang mengira bahwa mobil matic lebih mudah dalam segi pengoperasian. Akan tetapi, transmisi pada mobil matic lebih rumit jika dibanding mobil manual. Maka dari itu, mobil dengan transmisi manual lebih responsif. Alhasil akselerasinya semakin cepat dan tidaklah mengherankan bila di ajang balap banyak tim yang menggunakan mobil manual.

Namun, ada juga beberapa jenis mobil matic dengan transmisi yang hampir sama dengan transmisi pada mobil manual. Mobil matic yang dilengkapi dengan transmisi DSG dan plat kopling ganda memiliki responsivitas tinggi, sehingga akselerasinya bisa setara dengan mobil manual bahkan lebih. Ini berlaku pada mobil tertentu saja. Jadi, baik mobil matic atau manual, transmisinya sebenarnya tidak jauh berbeda.

Konsumsi bahan bakar keduanya

Perbandingan ketiga, kita bisa melihatnya dari segi konsumsi bahan bakar mobil. Dibandingkan dengan mobil manual, mobil matic cenderung mengonsumsi bahan bakar lebih boros. Penyebabnya adalah kinerja pada mesin matic lebih berat dibandingkan transmisi manual. Selain itu, putaran mesin mobil matic terkadang tidak konstan sehingga tidak dapat diatur.

Meski begitu, kamu tetap bisa menghemat bahan bakar pada mobil matic. Salah satunya dengan tidak idling terlalu lama. Idle adalah kondisi ketika mobil matic berada dalam kondisi netral (diam), tetapi mesin masih menyala. Hal ini bisa menyebabkan bensin cepat habis. Untuk itu, kalau mobil kamu diam dalam waktu lama, sebaiknya matikan dulu mesinnya.

Keamanan dan kenyamanan berkendara

Keempat, ketika memilih mobil matic atau manua,l kamu juga wajib memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan. Dari segi kenyamanan, sebenarnya kedua mobil ini tidaklah memiliki perbedaan yang jauh. Hal ini tergantung selera pengemudi dan penumpang pada mobil yang digunakan. Berbeda bila mobil digunakan untuk jarak jauh, kebanyakan orang lebih memilih mobil matic karena lebih mudah.

Kemudian, mobil matic juga bisa diandalkan ketika terjadi kemacetan, terlebih bila kamu berkendara sendirian. Mobil manual akan membuat kamu cepat lelah dan pegal-pegal pada bagian kaki. Namun, bila kamu memiliki keahlian lebih, mobil manual bisa diandalkan karena dari segi perpindahan rem lebih halus dan tidak memakan tenaga terlalu banyak. Efeknya adalah konsumsi bahan bakarnya akan lebih irit.

 

Jadi, setelah membaca ulasan di atas, mobil matic atau manual-kah yang akan kamu pilih? Sebaiknya dalam memilih, pastikan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan sehari-haridan kondisi finansial kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Comments

Kategori Artikel

We Have Recommendations for You

Take 30% off when you spend $150 or more with code Autima11